Laman

Sabtu, 19 Februari 2011

MATERI KELAS 2 : MENGATUR BERKAS MICROSOFT EXCEL

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
  1. WK1 (1-2-3)
  2. WK4 (1-2-3)
  3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  4. WKS (1-2-3)
  5. WK3 (1-2-3)
  6. WK1 FMT(1-2-3)
  7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
  8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  9. DBF 2 (dBASE II)
  10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
  11. WK3,FM3(1-2-3)
  12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
  13. WK1, ALL(1-2-3)
  14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
  15. WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
  1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
  2. Microsoft Excel 2.1 Macro
  3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
  4. Microsoft Excel 3.0 Macro
  5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
  6. Microsoft Excel 4.0 Macro
  7. Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
  8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
  9. DBF 3 (dBASE III)
  10. DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

MATERI KELAS 2 : SEJARAH MICROSOF EXCEL

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

MATERI KELAS 2 : MENGUBAH UKURAN LEBAR KOLOM MS.EXCEL

1. Pilih kolom yang ingin Anda ubah ukurannya. Untuk memilih kolom, kiri-klik pada kolom surat, yang terletak di bagian atas kolom dalam spreadsheet dan diberi label menurut abjad dari kiri ke kanan. Setelah Anda mengklik pada kolom surat itu akan menyorot seluruh kolom.

2. Mengubah ukuran kolom dengan menggunakan drag panah pada kepala kolom. Tahan kursor pada sisi kiri atau kanan kolom header. Panah akan muncul. Cukup klik-kiri dan Anda dapat menarik kolom lebar yang dikehendaki.

3. Atur lebar kolom menggunakan properti kolom menu. Sekali Anda telah menyoroti kolom, klik kanan untuk mengakses menu properti kolom.

4. Menerapkan perubahan lebar kolom menggunakan properti kolom menu. Masukkan lebar yang diinginkan dari kolom dalam pixel ke kolom menu properti kotak lebar dan klik & # x201C; Oke & # x201D; untuk melaksanakan.

Petunjuk:

Anda dapat membuat kolom-kolom yang lebar atau ramping seperti yang Anda inginkan.

Mengubah lebar kolom terlalu kecil mungkin membuat beberapa angka dalam sel tersebut dibaca.

MATERI KELAS 2 : MENGOLAH DATA MS.EXCEL

Microsoft Excel memiliki kemampuan untuk mengolah data dengan menggunakan rumus-rumus, baik yang sederhana maupun yang rumit sehingga mempermudah pekerjaan kita dalam pengolahan data.
  1. Fungsi-fungsi Statistik
NAMA
FUNGSI
COUNT
Digunakan untuk menghitung banyaknya data
SUM
Digunakan untuk menjumlah data yang ada
AVERAGE
Digunakan untuk menghitung rata-rata data
MEDIAN
Digunakan untuk menghitung nilai tengah data
MODE
Digunakan untuk mengetahui data yang sering muncul
MAX
Digunakan untuk menghitung nilai terbesar data
MIN
Digunakan untuk menghitung nilai terkecil data
Penulisan rumus
=nama fungsi(range sel data yang diolah)
  1. Fungsi Matematika
    1. Aplikasi Trigonometri
NAMA FUNGSI
RUMUS
FUNGSI
RADIAN
=RADIAN(...)
Mengubah derajat dari sebuah sudut menjadi angka radian tertentu
DEGREES
=DEGREES(...)
Mengubah angka radian tertentu menjadi derajat sudut tertentu
SIN
=SIN(RADIAN(...))
Menghitung sinus sudut tertentu
COS
=COS(RADIAN(...))
Menghitung cosinus sudut tertentu
TAN
=TAN(RADIAN(...))
Menghitung tangen sudut tertentu
    1. Aplikasi Aritmatika
NAMA FUNGSI
RUMUS
FUNGSI
LOG10
=LOG10(...)
Menghitung nilai logaritma berbasis sepuluh
LOG
=LOG(...;...)
Menghitung nilai logaritma yang bukan berbasis 10 atau basis 2,718 (fungsi LN)
LN
=LN(...)
Menghitung logaritma yang berbasis bilangan “e”(2,718)
EXP
=EXP(...)
Untuk proses kuadrat(pangkat) bilangan
SQRT
=SQRT(...)
Menghitung akar dari bilangan tertentu
FACT
=FACT(...)
Menghitung hasil sebuah faktorial bilangan tertentu
ABS
=ABS(...)
Memutlakan sebuah hasil perhitungan
SUMIF`
=SUMIF(...;...;...)
Menjumlah kelompok angka tertentu
  1. Fungsi Text
NAMA FUNGSI
RUMUS
FUNGSI
LEFT
=LEFT(teks,jumlahkarakter)
Mengambil teks dari arah kiri
MID
=MID(teks,mulai,jumlahkarakter)
Mengambil teks dari tengah
RIGHT
=RIGHT(teks,jumlahkarakter)
Mengambil teks dari kanan
UPPER
=UPPER(teks)
Membuat teks menjadi huruf besar
VALUE
=VALUE(teks)
Membuat teks menjadi angka
  1. Fungsi Logika
Adalah fungsi untuk mengecek nilai benar dan salah, “true and false”. Terdiri dari: IF, OR, AND, NOT, FALSE, TRUE
=IF(syaratlogika,jawabanbenar,jawabansalah)
=AND(syaratlogika,jawaban1,jawaban2)
=OR(syaratlogika,pilihan1,pilihan2)
  1. Fungsi Pembacaan Tabel
Beberapa fungsi pembacaan tabel : HLOOKUP, VLOOKUP, INDEX, OFFSET
    1. HLOOKUP
Merupakan pembacaan tabel data yang disusun secara mendatar(horisontal)
=HLOOKUP(selkunci,range tabel,offsetbaris)
    1. VLOOKUP
Merupakan pembacaan tabel data secara vertikal.
=VLOOKUP(selkunci,rangetabel,offsetkolom)

MATERI KELAS 2 : MENYISIPKAN DOKUMEN MICROSOFT EXCEL

Aktivitas keseharian saya di kantor selalu berhubungan dengan file-file Word, Excel dan sering juga file PowerPoint untuk presentasi. Saking banyaknya file dalam komputer, saya sering lupa dimana letak penyimpanan file dokumennya.
Saya coba cari di Recent Documents sudah ke tutup dengan file-file yang baru. Jadi musti bagaimana lagi…? Saya terpaksa harus cari di folder-folder terkait dengan dokumen yang akan saya buat ini.
Tapi sekarang kejadian seperti ini sudah bisa saya atasi. Bagaimana caranya?
Berikut saya berikan tips bagaimana menyisipkan lokasi file pada dokumen Microsoft Word yang Anda bikin-biar Anda mudah menemukan lokasi filenya, Oia tips ini untuk Anda pengguna Microsoft Word 2007.
Langkah-langkahnya:
  1. Buka dokumen Anda yang akan disisipkan lokasi penyimpanannya.
  2. Letakkan kursor pada tempat yang ingin Anda tampilkan informasi filenya-Anda bisa meletakan di bagian footer dokumen Anda
  3. Selanjutnya buka  Insert pada menu Ribbon dan klik menu Quick Parts pada group Text
  4. Berikutnya klik pilih dan klik Field dan rubah Categories: menjadi Document Information
  5. Pada Field names: pilih FileName selanjutnya klik tombol Field Codes di bagian kiri bawah
  6. Setelah Field Codes Anda klik langkah berikutnya klik tombol Options..
  7. Pada form Field Options pilih tab Field Specific  Switches
  8. Pada tab Field Specific Switches pilih entri \p dan klik tombol Add to Field
  9. Selanjutnya tekan OK dua kali

MATERI KELAS 2 : MENGGUNAKAN PERINTAH PADA MENU BAR DAN TOOLBAR


 New - Membuat buku kerja kosong baru dengan sejumlah tertentu worksheet. Atau (File> New). (Ctrl + N)

 
 

 Open - Menampilkan kotak (File> Buka) dialog untuk membuka workbook yang ada. (Ctrl + O).

 
 

 Save - Menyimpan buku kerja yang aktif. Menampilkan (File> Save As) kotak dialog pertama kali workbook disimpan. (Ctrl + S).

 
 

 Permission - Ditambahkan pada tahun 2003). Digunakan bersama dengan Windows Management layanan Hak.

 
 

 E-mail -Email buku kerja yang aktif atau lembar kerja aktif.

 
 

 Search - (Dihapus dalam 2003). Mencari file, halaman Web, dan item Outlook berdasarkan kriteria pencarian yang Anda masukkan.

 
 

 Print - Mencetak lembar kerja aktif. Ada NO prompt. (Ctrl + P).

 
 

 Print Preview - Menampilkan kotak (File> Print Preview) dialog.

 
 

 Spelling - Menampilkan kotak dialog (Tools> Spelling). (F7).

 
 

 Research - (Ditambahkan pada tahun 2003). Membuka tugas penelitian panel memungkinkan Anda untuk mengakses informasi online.

 
 

 Cut - Potongan pilihan saat ini ke clipboard. (Ctrl + X).

 
 

 Copy - Salinan pilihan saat ini ke clipboard. (Ctrl + C).

 
 

 Paste - Menyisipkan entri dari clipboard. (Ctrl + V). The Tempel Pilihan smart tag menyediakan akses cepat ke beberapa pilihan Sisipkan Khusus.

 
 

 Format Painter - Salinan format dari satu sel atau kisaran memungkinkan untuk ditempelkan di tempat lain.

 
 

 Undo - Membatalkan 16 terakhir tindakan yang dilakukan. (Ctrl + Z).

 
 

 Redo - Menjalankan ulang 16 terakhir tindakan yang dilakukan.

 
 

 Insert Hyperlink - Menampilkan kotak (Insert> Hyperlink) dialog. (Ctrl + K).

 
 

 AutoSum - Memasukkan SUM () function.

 
 

 Sort Ascending - Mengurutkan data berdasarkan abjad dari A sampai Z dan numerik dari angka terendah ke tertinggi. Menahan Shift akan beralih ke semacam Descending.

 
 

 Sort Descending -Urutkan data berdasarkan abjad dari Z ke A dan numerik dari jumlah tertinggi sampai yang terendah. Menahan Shift akan beralih ke semacam Descending

 
 

 Chart Wizard - Menampilkan kotak (Insert> Chart) dialog.

 
 

 Drawing - Toggles tampilan gambar toolbar.

 
 

 Zoom - Mengatur ukuran lembar kerja yang muncul di layar.

 
 

 Microsoft Excel Help - Menampilkan (Bantuan> Microsoft Excel Help) kotak dialog. (F1).

MATERI KELAS 2 : MENGATUR BERKAS MICROSOFT EXCEL

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
  1. WK1 (1-2-3)
  2. WK4 (1-2-3)
  3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  4. WKS (1-2-3)
  5. WK3 (1-2-3)
  6. WK1 FMT(1-2-3)
  7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
  8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  9. DBF 2 (dBASE II)
  10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
  11. WK3,FM3(1-2-3)
  12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
  13. WK1, ALL(1-2-3)
  14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
  15. WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
  1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
  2. Microsoft Excel 2.1 Macro
  3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
  4. Microsoft Excel 3.0 Macro
  5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
  6. Microsoft Excel 4.0 Macro
  7. Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
  8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
  9. DBF 3 (dBASE III)
  10. DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

MATERI KELAS 2 : VERSI MICROSOFT EXCEL

Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft Excel
Tahun Versi Excel Sistem operasi Versi Microsoft Office
1985 Excel 1.0 Apple Macintosh klasik Tidak ada Microsoft Office
1987 Excel 2.0 for Windows Microsoft Windows 2.0 Tidak ada Microsoft Office
1988 Excel 1.5 Apple Macintosh klasik Tidak ada Microsoft Office
1989 Excel 2.2 Apple Macintosh klasik Tidak ada Microsoft Office
1989 Excel 2.2 IBM OS/2 Tidak ada Microsoft Office
1990 Excel 3.0 Microsoft Windows 3.0 Tidak ada Microsoft Office
1990 Excel 3.0 Apple Macintosh Tidak ada Microsoft Office
1991 Excel 3.0 IBM OS/2 Tidak ada Microsoft Office
1992 Excel 4.0 Microsoft Windows 3.0 dan Windows 3.1 Tidak ada Microsoft Office
1992 Excel 4.0 Apple Macintosh Tidak ada Microsoft Office
1993 Excel 5.0 Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit) Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
1993 Excel 5.0 Apple Macintosh Tidak ada Microsoft Office
1995 Excel 7 for Windows 95 Windows 95 dan Windows NT 3.1/3.50 Microsoft Office 95
1997 Excel 97 (Excel 8) Windows 95, Windows NT 3.51/Windows NT 4.0 Microsoft Office 97
1998 Excel 8.0 Apple Macintosh Microsoft Office '98 for Macintosh
1999 Excel 2000 (Excel 9) Windows 98, Windows Me, Windows 2000 Microsoft Office 2000
2000 Excel 9.0 Apple Macintosh Microsoft Office 2001 for Macintosh
2001 Excel 2002 (Excel 10) Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows XP Microsoft Office XP
2001 Excel 10.0 Apple Macintosh OS X Microsoft Office v. X
2003 Excel 2003 (Excel 11) Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 Microsoft Office System 2003
2004 Excel 11.0 Apple Macintosh OS X Microsoft Office 2004 for Macintosh
2007 Excel 2007 (Excel 12) Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008. Microsoft Office System 2007

MATERI KELAS 2 : SEJARAH MICROSOF EXCEL

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

MATERI KELAS 2 : MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

 Microsoft Office Excel 2007.png

MATERI KELAS 1 :MENCARI DAN MENGGANTI KATA

Mengerjakan suatu dokumen dengan teks yang panjang pada microsoft office word dan seumpama anda ingin mencari kata yang spesifik di dalamnya, wow.. bisa anda bayangkan berapa lama hal ini akan memakan waktu jika menggunakan cara manual. Jika memang demikian fungsi fitur ‘Find and Replace’ dapat membantu anda menghemat waktu anda. Seumpama anda ingin menemukan kata ‘bundar’ dalam dukumen microsoft office word yang panjang dan asumsikan dalam dokumen tersebut terdapat 200 kata ‘bundar’, apakah anda akan mencarinya satu persatu dengan mengecek dari halaman atas sampai ke bawah! Wah.. kalau begini caranya bisa memakan waktu seharian.
Diasumsikan lagi anda ingin mengganti (replace) kata ‘bundar’ dengan ‘bulat’ misalnya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka fitur ‘Find and Replace’ pada menu home >> kemudian disebelah pojok kanan atas akan anda temukan fitur ini. Atau untuk mempersingkat waktu gunakan keyboard shortcut dengan menekan tombol ‘Ctlr+F’. Sehingga akan keluar kotak dialog ‘Find and Replace’, arahkan pada tab ‘Replace’ >> isikan kata yang ingin anda cari (dari contoh di atas ingin mencari kata ‘bundar’) pada bagian ‘Find what’ dan isikan kata pengganti (contoh kata ‘bulat’) pada kotak isian ‘Replace with’. Coba tekan tombol ‘Find Next’ dan lihat apa reaksinya, fitur ‘Find and Replace’ akan menunjukkan kata pertama yang anda cari. Jika anda ingin kata tersebut diganti cukup tekan tombol ‘Replace’, atau abaikan jika anda tidak ingin merubahnya dengan klik pada tombol ‘Find Next’.
Jika anda klik pada tombol ‘Replace’ maka secara otomatis kata tersebut akan direplace dengan kata baru anda dan fitur ‘Find and Replace’ akan mencari kata berikutnya sesuai dengan apa yang anda ketikkan pada kotak isian ‘Find What’. Atau jika anda sepenuhnya yakin untuk mengganti kata ‘bundar’ misalnya dengan kata baru anda seperti contoh di atas ‘bulat’ maka tekan tombol ‘Replace All’. Seperti dapat anda lihat dari contoh di atas seumpama terdapat 200 kata ‘bundar’ dan anda menekan tombol ‘Replace All’ maka akan keluar Announcement yang kurang lebih bertuliskan ‘Word has completed its search of the document and has made 200 replacements’. Klik ‘OK’, tutup kotak dialog ‘Find and Replace’.
Coba bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan seumpama anda mencari 200 kata bundar secara manual. Untuk mempersingkat wakt gunakan fitur ini jika anda ingin mencari kata yang spesifik atau mereplacenya dengan kata baru anda pada microsoft Office Word.

MATERI KELAS 1 : MENCETAK DOCUMEN

setelah kita mengenal dan memahami pengoperasian microsoft word, kita juga perlu mencetak atau print out dokumen-dokumen yang telah di buat.
sebelum mencetak dokumen, ada baiknya jika tampilan cetak dilihat terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara klik atau klik menu File -> Print Preview.
Jika sudah sesuai, cara untuk mencetak adalah dengan klik menu File -> Print sehingga muncul kotak dialog Print seperti gambar dibawah, pilih printer yang digunakan dan atur properti atau lakukan pengaturan hasil cetakan yang dihendaki jika diperlukan. Klik OK.
contoh-print

MATERI KELAS 1 : MENYISIPKAN OBJEK

• menyisipkan gambar
dalam ms word, gambar juga dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program ms word. Untuk menyisipkannya, klik menu Insert – > Picture – >  Clip Art.  Pada bagian Search for di Task Pane, ketikkan kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini:
menyisipkan-objek
Untuk menyisipkan gambar, klik pada gambar yang diinginkan. Lihat contoh penyisipan gambar kedalam dokumen.
kelinci
nah kalo menyisipkan gambar dari file, klik menu Insert -> Picture -> From File sehingga muncul kotak dialog seperti berikut.
keterangan :
Pilih gambar yang diinginkan dari folder.
picture
• menyisipkan objek autoshape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihnya pada Tool Bar Drawing (Gambar 15). Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View -> Toolbars -> Drawing. Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.
autoshap
Dari objek-objek yang ada, dapat disisipkan teks didalamnya. Contoh penggunaan salah satu objek dengan teks:
ini-adalah-autoshap
• menyisipkan simbol
Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna simbol seperti ©, ®, ☺, de-el-el. Cara menyisipkan simbol adalah klik menu Insert -> Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol berikut.
keterangan :
Pilihlah symbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.
symbol
• menyisipkan diagram
Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti contoh di bawah, klik Insert -> Picture -> Organization Chart.
struktur-data
Untuk membuat diagram data seperti pada contoh dibawah, klik Insert -> Picture -> Chart kemudian ganti nilai sesuai yang dihendaki.
diagram-data
Untuk mengubah tipe diagram, klik Chart -> Chart Type sehingga muncul kotak dialog Chart Type seperti gambar dibawah. Pada kotak tersebut pilihlah tipe diagram yang dihendaki, kemudian klik tab OK.
tipe-diagram
• menyisipkan WordArt
Teks yang dibuat dengan WordArt akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh penggunaan WordArt adalah di bawah ini:
aku-bisa
Cara membuatnya adalah klik atau dapat juga klik menu Insert -> Picture -> WordArt sehingga muncul WordArt Gallery. Pilih kreasi teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.
wordart
• menyisipkan nomor halaman
Penomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu Insert -gt;Page Numbers sehingga muncul kotak dialog Page Numbers. atur posisi no halaman yang dikehendaki lalu Klik OK.
page-number
• Menyisipkan Header dan Footer
Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, klik menu View -gt; Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan berpindah pada area header atau footer. Hal ini diindikasikan dengan teks dan objek di dalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang hendak dibuat.
header-futher
• Borders, Shading, dan Drop Cap
Beberapa tambahan dalam membuat dokumen tampak lebih menarik seperti contoh dibawah ini:
contoh-dropcop
Untuk membuat bagian MICROSOFT OFFICE 2003 yang berwarna oranye dengan garis ungu dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu Format -gt; Borders and Shading kemudian akan muncul kotak dialog Borders and Shading.
Tab Borders untuk membuat garis pembatas, tab Page Border untuk membuat garis pembatas pada halaman, sedangkan tab Shading untuk mewarnai satu baris seperti warna oranye pada contoh. Untuk mengganti warna huruf, klik tombol.
Huruf pertama yang ukurannya lebih besar tersebut (M), dapat dibuat dengan klik menu Format -> Drop Cap.
• Membuat kolom
Untuk membuat kolom seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini adalah dengan klik menu Format -> Columns. pilih kolom yang di inginkan. misalnya dua kolom, tiga kolom, de-el-el
contoh-membuat-kolom

MATERI KELAS 1 : MENGGUNAKAN TABEL

Pada umumnya, penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, pilih menu Table -> Insert -> Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table
tabel-microsoft-word
keterangan :
Number of columns: untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2.
Number of rows: untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.
AutoFit Bahavior: untuk pengaturan lebar kolom.
Teks dapat langsung diketikkan di dalam sel tabel. Tabel dapat diatur propertinya untuk menyesuaikan tampilannya, misalnya mengatur tampilan garis, memberi warna sel, mengatur posisi, de-el-el
Contoh tabel dibawah ini adalah tabel yang telah diberi variasi:
contoh-penggunaan-table
Variasi pada tabel diatas, dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam fasilitas yang ada pada menu View -> Tool Bars -> Tables and Borders.

MATERI KELAS 1 : MENGEDIT TEXT

setelah mempelajari bagaimana membuat, menutup, dan menyimpan dokumen dalam ms word, sekarang kita perlu mengedit text. Pengeditan teks dalam ms word yang dapat dilakukan antara lain, memilih, menghapus, menggandakan, de-el-el.
• Memilih karakter, kata, baris, dan paragraf
Karakter yang terpilih akan ditandai dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna karakter akan berubah terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan pointer di belakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan, tekan tombol Control pada keyboard sebelum berpindah ke kata yang berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer di sebelah kiri baris sehingga pointer berubah menjadi tanda anak panah, kemudian klik hingga baris tersebut terpilih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan pointer di atas sembarang teks di dalam paragraf, kemudian klik tiga kali maka seluruh paragraf akan terpilih. Dan untuk memilih seluruh karakter, klik menu Edit -> Select All.
• Menghapus karakter
Penghapusan karakter dapat menggunakan tombol Del dan Backspace pada keyboard. Perbedaan diantara keduanya adalah:
- Apabila titik sisip berada di belakang karakter yang akan dihapus, gunakan tombol Del pada keyboard.
- Apabila titik sisip berada di depan karakter yang dihapus, tekan tombol Backspace pada keyboard.
• Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste
Perintah Copy dan Paste mempunyai kaitan. Perintah Copy digunakan untuk menggandakan karakter yang terpilih untuk kemudian menempatkannya pada posisi lain, perintah Paste adalah untuk menempatkan hasil pengoperasian perintah tersebut ke tempat yang baru. Perintah Cut digunakan untuk memotong karakter yang terpilih untuk kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah Paste untuk menempatkan hasil ke tempat yang baru. Bedanya dengan perintah Copy adalah perintah Cut akan menghapus karakter yang berada pada posisi aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada posisi asli. Perintah Copy, Cut, dan Paste juga berlaku antar dokumen.
• Menggunakan perintah Undo dan Redo
Perintah Undo digunakan untuk mengembalikan aksi yang telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo adalah sebaliknya.
• Menggunakan penomoran dan penandaan
Seringkali di dalam dokumen dijumpai penulisan teks dengan penomoran (numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan fasilitas Bullet and Numbering untuk membuat variasi teks.
berikut adalah contoh penggunakan penomoran dan penandaan:
Contoh Penomoran :
Produks Office antara lain :
1. MS Word
2. MS Excel
3. MS Power Point
Contoh Penandaan :
Produks Office antara lain :
• MS Word
• MS Excel
• MS Power Point

MATERI KELAS 1 : MENULIS DAN MEMFORMAT TEXT SERTA PARAGRAF

Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru.
Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, de-el-el.
Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan.
Klik menu Format -> Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti berikut :
format-font
keterangan :
Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
Size: menentukan ukuran huruf.
Font Color: menentukan warna huruf.
Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan rata kiri kanan.
Contoh penggunaan perataan paragraf:
Rata kiri
Rata tengah
Rata kanan
Rata kiri kanan (justified)
Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antar baris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing.
Contoh penggunaan line spacing single dan line spacing double
Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya seperti :
contoh-tab
Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruler kemudian klik pointer sehingga muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima alignment yang dapat dipilih, yaitu Left, Center, Right, Decimal dan Bar.

MATERI KELAS 1 : membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen ms word

setelah kita mempelajari cara membuat dokumen baru pada ms word, sekarang kita perlu menyimpannya. Nah Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen yang dibuat akan berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:
1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As sehingga muncul kotak dialog Save As berikut
save ms word
2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File -> Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File -> Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti ini :
84
Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru.
Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
• Klik menu File -> Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
• Klik menu File -> Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
Agar file-file dokumen tertata rapi, hendaknya file disimpan di dalam folder sesuai kategori, ini juga dapat membantu saat hendak membuka file yang telah tersimpan. Untuk membuat folder, lihat kotak dialog gambar 10, bedanya hanya klik kanan pada mouse lalu pilih New -> Folder.
101

MATERI KELAS 1 : MENGENAL LAYAR KERJA MICROSOFT WORD

1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)

Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.

2. Baris Judul (Title Bar)

Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word

3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)

Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :

a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word

5. Baris Toolbar (Tool bar)

Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.

a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.

b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.

6. Rulers

Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.

7. Area Pengetikan

Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter

8. Kursor

Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.

Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya

9. Task Pane

Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

10. Scroll Bar

Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK

11. Office Assistant

Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita

12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)

Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).

13. Status Bar

Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya